Rumus SUM, MAX dan MIN di Microsoft Excel

 Microsoft Excel


Pada blog kali ini, kita akan menggali lebih dalam tentang Rumus-Rumus dasar Microsoft Excel. Kita akan membahas 3 rumus dasar yang harus kamu ketahui untuk mengoperasikan Excel ini agar lebih mudah!


    1. Rumus SUM

Nah rumus SUM ini menjumlahkan angka yang tertera di Excel kita. Perhatikan gambar dibawah ini.

Gambar 1.0 Langkah-langkah SUM

1. Pilih kolom yang kalian ingin hasil output SUM nya. Lalu masukkan rumus
    =SUM(

2. Setelah itu, kalian select kolom yang mana yang ingin dijumlahkan angkanya. Di contoh tertera kolom D2 sampai E6.

3. Lalu tutup kurung setelah memilih kolomnya. Jangan lupa tekan "Enter".


    2. Rumus MAX

Max ini kita mencari data yang nilainya paling tinggi. Perhatikan gambar dibawah ini.

Gambar 1.1 Langkah-langkah Max

Untuk penggunaan MAX hampir sama dengan rumus SUM. Hanya berbeda awalannya saja.


    3. Rumus MIN

Jika tadi kita mencari nilai yang paling besar menggunakan MAX, maka MIN mencari nilai yang paling kecil. 

Gambar 1.2 Langkah-langkah MIN

Untuk penggunaan MAX hampir sama dengan rumus SUM. Hanya berbeda awalannya saja.
























0 Comments:

Post a Comment